Kick Off Meeting Pendampingan Penyusunan Rencana Bisnis Usaha lain Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tugu Tirta Kota Malang oleh USAID IUWASH PLUS

 

Malang, 09 Oktober 2020

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tugu Tirta Kota Malang merupakan BUMD milik Pemerintahan Kota Malang yang diberi tugas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Malang dan sekitarnya akan pelayanan air minum. Seiring dengan perkembangan penduduk dan peningkatan taraf hidup masyarakat, maka tugas yang diemban Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tugu Tirta Kota Malang semakin berat dari waktu ke waktu, sehingga diperlukan rencana kerja operasional yang lebih terarah, tepat sasaran dan efisien.

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tugu Tirta Kota Malang telah menyusun dokumen rencana bisnis (RENBIS) periode 2020-2024 berdasarkan PERMENDAGRI no 118 tahun 2018 yang didampingi oleh USAID IUWASH PLUS regional JawaTimur  dan sudah disahkan oleh Walikota Malang pada Bulan Januari 2020. Pada bab analisis lingkungan strategis terdapat strategi dan program perusahaan yaitu pengembangan produk bisnis baru di luar bisinis inti perusahaan, sebagai berikut :

  • Pengelolahan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT)
  • Pengelolahan Pusat Pelatihan SPAM
  • Pengelolahan Bisnis Software dan Hardware SPAM

Untuk mendukung tujuan tersebut USAID IUWASH plus akan memfasilitasi pendampingan review RENBIS dan menyusun untuk usaha lain terkait Pengelolahan Pusat Pelatihan SPAM dan Pengelolahan Bisnis Software dan Hardware SPAM. Pendampingan akan dilakukan oleh Konsultan Individu yang berpengalaman yang ditunjuk oleh IUWASH PLUS yaitu Bpk. Ir. Teguh Cahyono, MAB. Sebagai awal pendampingan di kickoff meeting pada Kamis 8 Oktober 2020 di kantor Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.

Sedangkan untuk tim RENBIS dari Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tugu Tirta Kota Malang sudah dibentuk yang terdiri dari 32 orang dari lintas bagian. Yang dikoordinator i oleh Ibu Dra Nanis Setiari, MM selaku manager pengawasan pekerjaan, kemudian di bantu oleh sub koordinator SPAM Bpk. Rahmad Hadi Sasmito, SH., Sub koordinator IT Bpk. Drs. Anjar Rianto dan Sub koordinator LLTT Bpk. Ir. Rahardjono.

Kick Off meeting ini dihadiri oleh Direksi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tugu Tirta Kota Malang beserta tim RENBIS dan Tim USAID IUWASH PLUS yang di pimpin oleh regional manager Ibu Laksmi Cahyaniwati. Kickoff meeting dimulai dengan registrasi peserta dan pengisian form protokol kesehatan covid 19, jadi meeting ini menerapkan prosedur protokol kesehatan.

Kick off dibuka oleh Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, dilajutkan oleh RM IUWASH PLUS sekaligus memperkenalkan tim dan konsultan individu yang akan mendampingi. Sesi selanjutnya di mulai dengan diskusi awal terkait catatan review RENBIS 2020-2024 oleh konsultan individu kemudian disepakati outline nya setelah itu tim renbsis memaparkan progres RENBIS usaha lain.

Hasil dari kick off meeting ini adalah telah disepakati review dan outline serta RTL nya. Pertemuan pendampingan akan di lakukan 1x pertemuan per minggu tapi juga bisa diskusi lanjutan via online dengan konsultan individu. Diharapkan Januari 2021 RENBIS Usaha Lain tersusun dan segara bisa di laksanakan.

 

Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang