WALIKOTA MALANG LAUNCHING TRANSFORMASI DIGITAL DENGAN TWUIN COMMAND CENTER PDAM KOTA MALANG

Malang, 13 Desember 2018

 

            Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang (“PDAM”, “Perusahaan” atau “kami”) merupakan Badan Usaha Milik Daerah, sarana Penyediaan Air Minum di Kota Malang. Sebagai salah satu perusahaan pelayanan publik, kami dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi untuk support pelayanan pada masyarakat. Kami berkomitmen bahwa dalam menjalankan seluruh proses bisnis perusahaan akan disupport dengan teknologi informasi dan komunikasi yang memadai. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi merupakan upaya kami mewujudkan optimalisasi performa kinerja operasional perusahaan. Cepat, Tepat, Efisien dan Efektif.

            Hal itu diungkapkan Plt Dirut PDAM Kota Malang, Anitasari usai pembukaan PDAM Digital Transformation Sumit 2018 di kantor PDAM setempat, Selasa (11/12/2018).

“Pada era teknologi digital dan revolusi industri 4.0, TCC itu mengintegrasikan SPAM (sistem informasi dalam pengelolaan sistem penyediaan air minum)  dengan SCADA (supervisory control and data acquisition,” kata Anitasari.

Dijelaskan Anitasari bila lewat TCC itu tak hanya diketahui bagaimana transmisi dan kualitas distribusi air. Namun, juga bisa mengetahui titik-titik kebocoran air dan berapa air yang dipakai pelanggan.  Bahkan, lanjut beliau,  tak hanya itu. “Jumlah pengaduan berapa, jenis pengaduannya apa itu bisa diketahui secara riil time,” jelas beliau. Disamping itu, kata beliau, respon dan reaksi petugas PDAM terhadap pengaduan itu juga bisa langsung diketahui. “Semuanya terecord dengan jelas dan detail,” papar beliau.

            Karena itu Anitasari optimistis pelayanan PDAM Kota Malang akan semakin baik terhadap para pelanggan. Bahkan, dia mengklaim pendapatan  PDAM Kota Malang naik dua kali lipat dibanding dua tahun lalu. “Semua itu berkat TCC,” pungkasnya.

            Salah satu kebutuhan sistem untuk mempercepat informasi di pelayanan dalam mengatasi masalah maka sangat dibutuhkan TWUIN Command Center di PDAM Kota Malang. TWUIN Command Center tersebut oleh operator dengan system bekerja shif selama 24 jam untuk memonitor dan mencontrol semua sistem di jaringan pipa mulai dari produksi sampai distribusi.

                Total Water Utility Integrated Network (TWUIN) adalah sistem teknologi informasi yang ter-integrasi terdiri dari 4 (empat) modul utama, yaitu:

  1. Water Utility Integrated Network (WUIN) yang terdiri atas manajemen aset, modul analisis monitoring SPAM, sistem kendali jarak jauh (Tandon Air, Rumah Pompa, dan District Meter Area);
  2. Customer Information System (CIS) yang terdiri atas Billing System, Sistem Pencatatan Pemakaian Meter Pelanggan, Sistem Work Order untuk menangani keluhan pelanggan;
  3. Utility Administration System (UAS) yang terdiri atas eOFFICE, e-Finance, e-Inventory, Manajemen Lembur, HRD, LPSE, dan e-RAB;
  4. Geographical Information System (GIS) yang memetakan wilayah pelayanan PDAM Kota Malang, titik lokasi pelanggan, dan aset-aset SPAM.

     Dalam TWUIN Command Center yang akan dibangun, dibutuhkan perangkat untuk menampilkan semua informasi data dengan jelas melalui video wall.

 

OPERASIONAL SCADA TWUIN COMMAND CENTER

 

            Monitoring dan control akan dilakukan oleh staf dispatcher SCADA yang beroprasi secara 24 jam berada di TWUIN Command Center dengan sistem shift, yang terdiri dari 3 shift oleh 4 kelompok shift, masing – masing shift terdiri dari 2 personel yaitu lead shift dan anggota shift.

            Dispatcher SCADA selain bertugas memonitoring SPAM di SCADA juga akan menginformasikan ke bagian terkait bila terjadi alart /anomali melalui sistem workorder android ke handphone petugas untuk melakukan esekusi di lapangan. Juga akan menginformasikan ke call center daerah terdampak gangguan aliran air bila ada kegiatan di lapangan yang berpotensi mengganggu aliran air minum

            Sedangkan untuk update perubahan sistem di SCADA akan dikerjakan oleh staf engginering SCADA dan staf Instrumentasi SCADA. Jadi secara infrastruktur dan SDM di PDAM Kota Malang sudah siap menjalankan SCADA SPAM untuk meningkatkan pelayanan PRIMA Air Minum di Kota Malang.

 

             TWUIN COMMAND CENTER PDAM Kota Malang sebagai tempat mengkontrol, menganalisa, memonitoring dan engineering yang dilakukan oleh dispatcher SCADA dan engineering SCADA.

PDAM Kota Malang sudah memasang sekitar 250 unit instrument yang meliputi :

  1. Meter induk Produksi dan meter induk DMA
  2. Sensor water level Reservoar
  3. Critical point pressure di DMA

            Dengan banyaknya instrument yang terpasang dan mengirimkan banyak data ke server pusat PDAM Kota Malang maka untuk memudahkan monitoring dan control tersebut dilakukan di dalam TWUIN Command Center dengan layar video wall beserta kelengkapannya yang terpusat di kantor PDAM Kota Malang.

 

PENJELASAN SCADA & TWUIN COMMAND CENTER PDAM KOTA MALANG

 

            SCADA PDAM Kota Malang mulai dibangun dan dikembangkan sejak tahun 2016 menggunakan aplikasi Yokogawa fasttools yang merupakan bantuan dari SATKER Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi Jawa Timur Direktorat Jendral Cipta Karya Kemen PUPR, SCADA PDAM Kota Malang menampilkan semua field instrument dan beberapa peralatan control di sistem produksi dan distribusi yang sudah dipasang bertahap sejak tahun 2010 yang juga sebagian besar bantuan dari SATKER Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi Jawa Timur Direktorat Jendral Cipta Karya Kemen PUPR juga. Di dalam SCADA ini akan mendiskripsikan SPAM PDAM Kota Malang mulai dari sumber air baku sampai dengan titik pelayanan air minum (pelanggan). Berikut tampilan SCADA PDAM Kota Malang :

  • Main Reservoir : Menampilkan semua lokasi reservoir dan ada notifikasi bila ada anomali di reservoir secara realtime.
  • Main DMA : Menampilkan DMA untuk dimonitor, akan muncul notifikasi di DMA bila ada anomali debit dan tekanan secara realtime.
  • Mimic Diagram : Menampilkan single line alur sumber air baku, reservoir, DMA dan critical point layanan secara realtime.
  • Rantai Pasok : Menampilakan alur pasok sesuai skematik RPAM (Rencana Pengamanan Air Minum) mulai dari catment area sampai dengan ke layananan sehingga memudahkan melakukan tracing masalah bila ada anomali pada sistem.
  • Level Reservoir Summary : menampilkan rekap level air di semua reservoir secara realtime
  • Pump Produksi : menampilkan rekap status on dan off pump dan jam operasional pump secara realtime.
  • Trending : Bisa menampilkan grafik level reservoir, flow meter induk reservoir, flow meter DMA, pressure di titik layanan, & kualitas air baku secara realtime.
  • Lokasi Pengaduan Pelanggan : Menampilkan di peta DMA untuk pelanggan yang mengadu air mati

 

                                    PDAM Malang sebagai penyelenggara pelayanan air bersih di Wilayah Kota Malang dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien. Terlebih di era teknologi digital dan revolusi Industri 4.0 dewasa ini, maka PDAM Kota Malang telah berinovasi, Mengintergrasikan system informasi dalam pengelolaan sistem penyediaan air Minum (SPAM) dengan Supervisory Control and Acquisition (SCADA) ; Sehingga keseluruhan SPAM di PDAM Kota Malang dapat dimonitoring melalui Total Water Utility Integrated Network Command Center ( TCC); yang merupakan sebuah pusat komando untuk mengendalikan, control dan monitoring proses transmisi.

                                    Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, yang telah memberikan bantuan kepada PDAM Kota Malang berupa berbagai fasilitas seperti : Fasilitas SPAM 100-0-100, Instrumentasi SPAM, IOT ( Internet of think) SPAM, DRC Server dan Aplikasi SCADA, yang nantinya diharapkan dapat mendukung kelancaran kinerja PDAM dalam peningkatan kualitas layanan dasar akses air minum sebagai bentuk pelayanan prima bagi masyarakat Kota Malang.

                                            Profesionalitas kerja telah mampu diwujudkan, yang satu diantaranya terukur dari prestasi yang didapatkan diantaranya. Penghargaan Perpamsi tentang kepedulian dalam rangka peningkatan kinerja dan Pelayanan Air Minum Kepada Masyarakat. Penghargaan Internasional Global Water Award di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab Pada Tahun 2016, Atas Prestasi dan dedikasi PDAM Kota Malang dalam pengelolaan air bersih dan inovasinya, yakni produk Zona Air Minum Prima ( Zamp) dan target capaian 100 persen akses air minum untuk masyarakat Kota Malang, Certificate OF Recognition Asean Environmentally Sustainable Cities (ESC) Award di Bidang Air Bersih ( Clean Water) untuk kategori kota besar di Brunai Darussalam: NRW (Non Revenue Water) dibawah angka batasan Nasional serta sebagai percontohan dan edukasi PDAM –PDAM se Indonesia serta ITC (Information Communication Technology) atau tata kelola proses bisnis berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi kesiapan Industri 4.0 selain itu juga diperoleh penghargaan TOP IT dan TELCO 2018 untuk Kategori :

-          Top IT Implementation On PDAM Sector 2018

-          Top Digital Transformation Readiness 2018

-          Top Leader On it Leadership 2018

            Berbagai prestasi ini menunjukan pengakuan dunia internasional terhadap inovasi yang dilakukan Kota Malang, tentu hal ini menjadi kebanggaan kita bersama dan perlu terus ditingkatkan sebagai motivasi kerja di masa mendatang.