Sambut Hari Air Sedunia, Gotong Royong Bersihkan Kali Wendit

Dirut Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si turun langsung gotong royong membersihkan Kali Wendit, Minggu (21/3/21).

 

 

MALANG- Dalam rangka menyambut Hari Air Sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 Maret, Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si ikut ambil bagian dalam giat 'Resik-Resik Kali Wendit', Minggu (21/3/21) pagi.


"Mengingat betapa pentingnya sumber air Wendit bagi kehidupan warga Malang, maka upaya konservasi air dan pelestarian lingkungan harus terus digalakkan. Tidak hanya di sini, namun juga di sumber-sumber maupun aliran sungai yang lain," tuturnya.


Kegiatan yang diinisiasi Mahasiswa Pencinta Alam Institut Pertanian Malang (Mapalipma) ini juga dihadiri Wakil Bupati Malang, Drs Didik Gatot Subroto SH, MH, Forpinda Kecamatan Pakis, perangkat Desa Mangliawan dan ratusan partisipan dari elemen masyarakat, lintas komunitas, pemerhati lingkungan, mahasiswa dan karyawan Tugu Tirta.


"Ini kegiatan positif yang harus kita apresiasi dan kita support. Semoga bukan hanya menjadi acara seremonial, namun menjadi agenda yang punya keberlanjutan. Kami berharap teman-teman mahasiswa selaku inisiator dapat mengawal pelestarian lingkungan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti misalnya penyalagunaan lahan irigasi, penyelewangan lahan konservasi dan sebagainya," pesan Muhlas.


Hal itu diamini Didik yang sedari awal bersama Muhlas susur sungai dengan warga.
"Bagus. Tolong terus dilanjutkan. Kami juga instruksikan dinas terkait untuk proaktif dan melakukan pendampingan. Sinergi ini semoga membawa kebaikan bagi masyarakat Bhumi Arema," seru sang wakil bupati.


Rektor Institut Pertanian Malang, Dr Ir Agus Sukarno MP, menambahkan, acara hari ini merupakan upaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para anggota Mapalipma.
"Nantinya kita juga akan dibantu oleh dinas terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pengairan Kabupaten Malang. Tentunya akan semakin banyak dinas maupun pihak-pihak yang peduli dan akan ikut membantu, apalagi mengingat peran vital Sumber Wendit bagi warga Malang," tandas Agus.


Kegiatan resik-resik Kali Wendit mengangkat jargon 'Selamatkan mata air tanpa air mata, setetes air bernilai lebih dari sekarung emas bagi orang yang haus'. 

 

Wabup Malang, Dirut Tugu Tirta bersama Forpinda Kecamatan Pakis dan perangkat Desa Mangliawan koordinasi jelang bersih-bersih aliran Kali Wendit.

 

Wakil Bupati Malang, Drs Didik Gatot Subroto SH, MH menyusuri aliran Kali Wendit bersama Dirut Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si. 

 

 Dirut Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si bersama para karyawan Tugu Tirta bahu membahu membersihkan sungai. 

 

Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang