Kronologi Kebocoran Pipa Dinas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang di Desa Pulungdowo Kabupaten Malang

Jumat 5 Pebruari 2021

Pukul 02.00 Wib. Terpantau dari TCC Tugu Tirta Kota Malang ada anomali penurunan debit air di tandon Buring Atas dan ada alarm tekanan turun di jalur Pulungan Desa Pulungdowo pada pukul 04.00 WIB.

Petugas lapangan cek lokasi jalur pipa, ditemukan  pipa transmisi diameter 500 mm mengalami kebocoran. Pada pukul 05.00 WIB. Aliran air di matikan dan persiapan untuk  perbaikan, sebelum perbaikan dilakukan pengumuman kepada pelanggan yang terdampak di himbau utk menampung air terlebih dahulu selama proses perbaikan.

Agar tidak meluas area yang terdampak  kebocoran pipa tersebut, dari Bagian Distribusi melakukan rekayasa jaringan di sebagian layanan terdampak dan juga menyiapkan pelayanan air tangki gratis di wilayah terdampak. Penyebab kebocoran petugas masih melakukan  identifikasi lanjutan karena kondisi pipa belum bisa diketahui secara detail.

 Langkah Perumda Air Minum Tugu Tirta untuk jangka pendek akan rutin melakukan cek tekanan, cek debit dan pengendalian secara realtime maupun terjadwal untuk jalur pipa 500 mm dari Tandon Simpar sampai dengan Tandon Buring Atas. "Antisipasinya jangka panjang agar tidak terjadi kebocoran, pihak management sudah mengajukan permohonan bantuan penggantian pipa baru ke Provinsi Jatim dan  PUPR RI. Tinggal menunggu keputusan dan tindaklanjut", jelas M. Nor Muhlas S.Pd, M.Si selaku Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.

 

Humas Perumda Tugu Tirta Kota Malang