Muhasabah Perumda Air Minum Tugu Tirta (PDAM) Kota Malang dalam Rangka HUT ke-46

10 Desember 2020

Desember menjadi bulan penuh arti bagi Perumda Air Minum Tugu Tirta (PDAM) Kota Malang. Karena di bulan ini merayakan ulang tahun ke-46. Di tengah banyak cobaan dan ujian yang dihadapi Perumda Air Minum Tugu Tirta di tahun ini, tapi masih tetap dapat mengukir prestasi gemilang.

Beberapa prestasi yang diraih tahun ini antara lain, Perumda Tugu Tirta dinobatkan sebagai PDAM dengan kinerja terbaik dan PDAM tersehat oleh Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi) Jawa Timur pada pertengahan Oktober lalu. Di tingkat Kota Malang, Perumda Tugu Tirta meraih dua penghargaan, kategori respon tercepat pengaduan Lapor dan Respon Tercepat Aplikasi SAMBAT WEB, dan kategori respon tercepat aplikasi pengaduan LAPOR dari Pemkot Malang.

“Ulang tahun ini menjadi momentum bagi kami untuk bermuhasabah atau instropeksi diri ke dalam. Meski kami sudah berusaha yang terbaik dalam memberikan layanan kepada masyarakat, tapi ada saja sesuatu diluar batas nalar yang menjadi ujian bagi kami. Karena itu, semuanya tidak lepas dari ketentuan Allah SWT. Karena itu, kami bermuhasabah di ulang tahun ke-46 ini,” kata Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M. Nor Muhlas dalam pengajian dan istighotsah dalam rangka HUT ke-46 Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang di kantornya, Kamis (10/12) kemarin.

Selain menggelar pengajian dan istighotsah, pihaknya juga memberikan santunan kepada 46 anak yatim. Jumlah itu sesuai dengan angka ulang tahun Perumda Tugu Tirta yang sebelumnya brenama PDAM Kota Malang. Santunan juga diberikan kepada panti-panti asuhan anak yatim. Harapannya bisa menjadi doa terbaik bagi perusahaan daerah yang dipimpinnya.

“Alhamdulillah, secara fakta kami mendapatkan penghargaan sebagai PDAM terbaik dan tersehat. Begitu juga mendapatkan kepercayaan dari Kemen PUPR untuk menjadi narasumber untuk PDAM seluruh Indonesia. Tapi itu semua duniawi. Harapannya, kita semua semakin mawas diri dan bermuhasabah,” terangnya.

Wawali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko memberikan apresiasi terhadap kinerja Perumda Tugu Tirta dan kegiatan ulang tahunnya yang menggelar pengajian dan istighotsah serta santunan anak yatim. Apalagi, saat ini pandemic Covid-19 belum berakhir.

“Terima kasih kepada seluruh pegawai Perumda Tugu Tirta upaya kerja kerasnya. Alhamdulillah kita semua masih diberikan kesehatan sehingga bisa bersilaturahmi,” ungkap Sofyan Edi Jarwoko.

Politisi Partai Golkar itu mengapresiasi ajakan Dirut Perumda Tugu Tirta yang mengajak semuanya untuk intropeksi diri di ulang tahun ke-46 saat ini.

“Kita harus cermat melihat bagaimana perusahaan ini awalnya dirikan. Tujuan dibangunnya dan perjuangan sebelumnya hingga keberadaannya saat ini. Potret itu harus dilihat secara utuh agar kita mensyukurinya dan terus berupaya yang terbaik untuk melayani masyarakat,” jelasnya.

Apalagi saat ini menurutnya, tuntutan masyarakat semakin besar. Dengan kecepatan teknologi, Perumda Tugu Tirta dituntut untuk lebih cepat dan tepat dalam memberikan layanan masyarakat.

“Kejadian kecil bisa jadi besar dengan diskonten. Saya titip, setiap inci mulai dari sumber sampai dengan pelanggan itu rawan. Tolong hati-hati. Karena itu, semuanya harus solid. Dengan soliditas bersama semua tantangan akan dapat dihadapi bersama dengan jiwa korsa yang kuat,” tambahnya.

Acara itu juga diisi dengan istighotsah dan pengajian yang disampaikan Ust. Akhmad Baihaqi.

pic : humas perumda air minum tugu tirta

Sumber : New MalangPost