Direksi Dampingi Walikota Malang Tinjau Lokasi Kontaminasi Kualitas Layanan Air Minum PDAM Kota Malang


Malang, 13 November 2020

Menindaklanjuti banyaknya pengaduan tentang Layanan Air Minum PDAM Kota Malang pada tanggl 12 November 2020 kemarin, PDAM melakukan upaya penyelidikan dan telah ditemukan tumpahan solar pada instalasi Genzet Sumber Wendit 3. Disamping itu Tim PDAM Kota Malang terus melakukan upaya preventif untuk menanggulangi masalah tersebut dengan terus melakukan flushing di beberapa wilayah yag terdampak.

Bapak Walikota Malang langsung meninjau Lokasi Sumber Wendit 3 dan Lokasi Rumah Pompa,  didampingi oleh Direktur Utama PDAM Kota Malang, M Nor Muhlas, S.Pd, M.Si , Direktur Teknik Ir Ari Mukti, MT dan Direktur Administrasi & Keuangan Bapak Moch Syaifudin Zuhri, SE, MM.



M Nor Muhlas, S.Pd, M.Si menjelaskan kronologi dan tempat dimana kejadian berlangsung. Dari paparan Direktur utama PDAM Kota Malang, Wali Kota Malang Sutiaji menduga, kasus ini bukan karena kelalaian, tetapi kesengajaan. Karena itu kasus ini akan dilaporkan polisi. Temuan air PDAM tersebut terkontaminasi solar diketahui berasal dari bagian pengisian solar untuk genset penggerak pompa air. “Ini bukan kelalaian. Tetapi ada dugaan kesengajaan. Domainnya pidana. Kami sudah perintahkan Dirut PDAM untuk mencari tahu dan membawa kasus ini ke jalur hukum,” kata Sutiaji seusai melihat langsung sumber utama air PDAM.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Kota Malang, M Nor Muhlas, S.Pd, M.Si masih menyelidiki kasus ini. “Ini masih penyelidikan. Saat ini kami fokus pada pemulihan pelayanan kepada pelanggan,” katanya. Diketahui, sejak tiga hari terakhir pelanggan mengeluh karena air PDAM Kota Malang berbau minyak. Bahkan, laman media sosial berbagai komunitas dan grup diskusi di Kota Malang pun ramai dengan berbagai keluhan warga. Atas kondisi itu, pihak PDAM meminta agar masyarakat untuk sementara tidak mengonsumsi air PDAM terlebih dahulu. Sampai kondisi normal dan PDAM juga menyiapkan pengiriman mobil tangki secara gratis kepada pelanggan yang terdampak.



Humas PDAM Kota Malang