Perumda Tugu Tirta Kota Malang nge ZOOM dengan PDAM se Indonesia dalam Workshop From Home

Malang, 21 April 2020

Kelanjutan dari workshop from home sebelumnya dikarenakan antusias yang tinggi  dari para insan air minum Indonesia maka Perumda Tugu Tirta Kota Malang mengadakan event lagi dengan 2 tema sekaligus dengan waktu pelaksaanan yang cukup berdekatan juga, ditambah dengan mengundang nara sumber dari luar perumda tugu tirta. Tim panitia yang di ketuai langsung oleh direktur teknik Ibu Ari Mukti dengan dibantu koordinator pelaksana dari manajer SDM bapak Dodi Varuna mempersiapkan dengan singkat untuk terlaksananya WFH ini dan tetap berkolaborasi dengan YPTD Pamsi Bapak Rama Boedi selaku direktur pembelajaran jarak jauh.

Tema tentang Kerjasama Penyelenggaraan SPAM dilaksanakan pada 21 April 2020 pk 10:00 – 13:00 WIB diikuti oleh 167 peserta yang berasal dari PDAM,Konsultan, dan BUMN dan beberapa tamu undangan dari bappenas. Nara sumber dari BPPSPAM Bapak Effendi Mansur dan dari PDAM Tirta Patriot Bapak Giri Widodo.

Kemudian pada 23 April 2020 pk 09:00 – 12:00 wib diadakan lagi dengan konsep talkshow dengan tema Klinik NRW Curhat tentang Kehilangan Air dengan 4 narasumber selaku dokter klinik yaitu Bapak Rahmad Hadi Sasmito Manajer Kehilangan Air Tugu Tirta Kota Malang, Bapak Sadma Lastyanto Manager NRW Adya Tirta Batam, Bapak Samuel Rudhianto Direktur Teknik Tirto Negoro Kabupaten Sragen dan Bapak Suwito NRW Handling Expert Palyja Indonesia. Untuk klinik NRW ini peserta mencapai rekor jumlahnya yaitu sebanyak 257 peserta yang berasal mayoritas dari PDAM se Indonesia.

Menariknya WFH ini selain gratis , juga mendapatkan sertifikat kehadiran dari Tugu Tirta Kota Malang dan YPTD Pamsi. WFH ini juga disiarkan langsung di channel youtube pdamtube milik Tugu Tirta Kota Malang, sehingga banyak sekali dari PDAM lain mengadakan nobar di kantor masing – masing sehinggan viewer nya mencapai 500 lebih.

WFH ini di moderatori oleh Bapak Budi Sutjahyo selaku praktisi air minum di bantu oleh Sdr Agung Putra Kusuma dari Tugu Tirta Kota Malang sebagai host aplikasi ZOOM. Mulai sesi masuk peserta, pembukaan, foto bersama dan sesi tanya jawab yang sangat membuat suasana WFH semakin menarik dan interaktif. Selain tanya langusng lewat ZOOM peserta jg bisa tanya melalui chat zoom bahkan selain peserta yang nonton di live youtube bisa tanya live chat, semua pertanyaan chat tersebut dikelola oleh panitia untuk nanti diteruskan ke para narasumber secara offline dan dijawab sampai diteruskan lagi ke peserta yang tanya.

Pesan dan kesan dari para peserta adalah sangat berterima kasih kepada Tugu Tirta Kota Malang ditengah pandemi Covid19 ini bisa mengadakan Workshop From Home yang bisa melibatkan seluruh PDAM se indonesia tanpa ada batas jabatan, kelas pdam atau kondisi pdam. Semua boleh daftar semua boleh bertanya dan paling terpenting ilmu ini akan menjadi manfaat bagi PDAM2 yang selama ini jarang sekali mengikut workshop / seminar yang offline karena kendala biaya dan jarak. Rata – rata para peserta berharap WFH ini tetap ada dengan tema lain, PERUMDA Tugu Tirta Kota Malang sebagai pelopor yang luar biasa. Pemersatu PDAM se Indonesia untuk berkegiatan positif di tengah pandemi Covid19.