Tukang Ledeng Tugu Tirta perduli Masyarakat yang terdampak Covid-19

 

Malang, 21 April 2020

Virus corona tidak hanya memiliki dampak pada kesehatan masyarakat Indonesia. Dampak virus corona bagi perekonomian Indonesia juga tidak kecil. Dampak virus corona bagi perekonomian UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) sangat nyata. Anjuran physical distancing yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia membuat orang-orang tetap di rumah dan tidak pergi keluar untuk melakukan aktivitas biasanya.

Salah satu kegiatan yang menghilang dari rutinitas adalah tidak berbelanja ke luar rumah melalui UMKM yang ada. Karena inilah, UMKM kesulitan membayar biaya-biaya yang ada. Hal itu seperti gaji dan honor pekerja, serta biaya-biaya operasional dan nonoperasional lainnya. Hal ini berdampak buruk, karena apabila pekerja tidak bisa menghasilkan uang, mereka terpaksa pulang kampung dan tidak punya pilihan lain. Pasalnya, mereka tidak memiliki penghasilan yang cukup untuk hidup di tempat perantauan. Mau tidak mau, pulang ke rumah adalah hal yang harus dilakukan untuk bertahan hidup.

Aksi kepedulian sosial terkait hal tersebut terus bergulir dari semua pihak. Kali ini, PDAM Kota Malang atau Perumda Tugu Tirta   juga ikut menyalurkan bantuan sembako bagi warga terdampak. Bantuan tersebut disalurkan melalui program yang diinisiasi Info Malang Raya (IMR) bersama MalangTIMES. Penyerahan simbolis bantuan dilakukan di kantor PDAM Kota Malang, Selasa (21/4).

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang M. Nor Muhlas, S.Pd, M, Si mengapresiasi aksi sosial tersebut. Menurut dia, di masa pandemi covid-19, kepedulian sosial akan sangat memudahkan warga terdampak saat ini.

"Saya sangat appreciate dengan apa yang dilakukan teman-teman. Pikiran dan gagasannya luar biasa, terutama kepeduliannya kepada masyarakat. Meskipun meminta bantuan, bukan berarti mengurangi jiwa sosial Anda. Dan itu memang bukan hal yang mudah karena tidak semua orang mau melakukan itu. Saya respek akan hal itu," ujarnya.

Meskipun bantuan sembako tersebut memang tidak bisa mengubah status sosial seseorang, Muhlas mengatakan paling tidak akan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga terdampak.

"Secara sosial dalam teori apa pun kita tidak bisa mengubah status mereka. Tapi paling tidak, kesenjangan sosial mereka bisa berubah dengan adanya orang-orang seperti kita yang mau tergerak untuk mengurusi dan membantu mereka," ungkapnya.

Ada sebanyak 85 paket sembako yang disalurkan Perumda Tugu Tirta Kota Malang kali ini. Proses pengumpulan sembako itu murni melibatkan semua karyawan Perumda Tugu Tirta tanpa mengambil anggaran yang ada.

"Ini semua murni sumbangsih dari karyawan kami. Mereka menyisihkan sebagian rezekinya untuk digunakan dalam hal ini," ungkap Bapak Muhlas.

 

                                                                                                                                                                                  Humas PDAM Kota Malang