Dewan Pengawas PDAM Kota Bandung Belajar Penurunan Kehilangan Air ke PDAM Kota Malang

Keberhasilan PDAM Kota Malang dalam penuruan kehilangan air sampai 20 % dan sukses memberikan pelayanan prima air mengalir 24 jam ke pelanggan maka mendorong dewan pengawas PDAM Kota Bandung itu berkunjung ke PDAM Kota Malang untuk mengintip apa strateginya.

Dalam kunjungan dipimpin langsung oleh ketua badan pengawas dan anggota serta didampingi oleh direktur air minum PDAM Kota Bandung, yang diterima langsung oleh jajaran pejabat bagian teknik PDAM Kota Malang di ruang rapat. Hal utama yang ingin diketahui adalah perlu waktu berapa lama dalam penurunan kehilangan air serta sumber dana yang didapatkan untuk program penurunan kehilangan air di PDAM Kota Malang. Untuk saat ini PDAM Kota Bandung tingkat kehilangaan air nya masih tinggi dan layanan air ada yang masih bergilir atau belum mengalir 24 jam.

Acara di buka oleh Manajer Perawatan PDAM Kota Malang mewakili jajaran direksi PDAM yang kebetulan tidak bisa mengikuti, kemudian dilanjutkan oleh manajer kehilangan air mempresentasikan tahapan – tahapan strategi penurunan kehilangan air PDAM Kota Malang. Setelah itu dilanjutkan sesi tanya jawab. Kemudian rombongan badan pengawas PDAM Kota Bandung juga sempat berkunjung ke command center (TWUIN Command Center) PDAM Kota Malang untuk melihat SCADA SPAM kemudian dia akhiri dengan foto bersama.

Dapat disimpulkan bahwa penuruan kehilangan air tidak berjalan instan tapi membutuhkan proses panjang dan harus berkelanjutan. Perlu komitmen yang kuat dari para top management PDAM serta dukungan pemerintah daerah juga. Perlu disiapkan juga infrasturturnya, SDM nya dan anggaran biayanya. Untuk anggaran biaya bisa bersumber investor, APBN dan APBD.

 

Humas PDAM Kota Malang