PDAM KOTA MALANG IKUTI JAMBORE SAMPAH NASIONAL 2018

Malang , 13 September 2018

 

            PDAM Kota Malang berpartisipasi sebagai penyedia kebutuhan Air Minum dalam kegiatan acara Jambore Indonesia Bebas Sampah yang digelar di Lapangan Rampal Malang Kamis (13/9/2018). Sementara itu, kegiatan Jambore Indonesia Bebas Sampah merupakan agenda rutin tahunan yang telah dilaksanakan sebanyak tiga kali. Tahun ini, Kota Malang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Jambore Indonesia Bebas Sampah yang dilaksanakan mulai 13-15 September 2018. Total, ada sebanyak 520 peserta dari 34 provinsi di Indonesia turut berpartisipasi pada jambore Indonesia bebas sampah ini. Agenda utama pada saat Jambore Indonesia Bebas Sampah tersebut adalah untuk saling berbagi pengalaman antar komunitas pemerhati sampah seluruh Indonesia.

            Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga beserta jajarannya. Danis berpendapat bahwa Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah menjadi sangat penting pelaksanaannya karena kegiatan ini menghasilkan berbagai keluaran positif.

            Pertama, sebagai forum komunikasi nasional. Kedua, sebagai momen perumusan rencana aksi bersama untuk percepatan pengelolaan persampahan di Indonesia. Ketiga, untuk memotivasi aktor-aktor penggiat persampahan di masing-masing wilayah agar memiliki pesan yang sama sekaligus untuk mempererat kolaborasi antar sesama penggiat persampahan seluruh Indonesia.

            Dalam sambutannya, Danis menyatakan bahwa Kementerian PUPR diamanatkan untuk memenuhi target akses universal yang meliputi pencapaian gerakan 100-0-100, yang artinya 100% akses aman air minum, 0% kawasan kumuh, dan 100% akses sanitasi yang layak. "Gerakan Indonesia Bebas Sampah merupakan wadah yang memfasilitasi para stakeholder dalam menjawab tantangan persoalan sampah di Indonesia," ungkapnya.

            Hal ini didasari atas keinginan para penggiat dan komunitas persampahan untuk membangun kepedulian dan kekuatan bersama dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Salah satu aktivitas dari Gerakan Indonesia #BebasSampah adalah Jambore Nasional, yang merupakan momen strategis berkumpulnya seluruh penggiat peduli persampahan di Indonesia yang mewakili lima aktor perubahan, yaitu masyarakat sipil, pemerintah, swasta, media, dan tokoh masyarakat.

 

                                                                                                Humas PDAM Kota Malang