KUNJUNGAN LAPANGAN BBWS CILIWUNG CISADANE KE PDAM KOTA MALANG

Malang,

     Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane mengadakan On Job Training dengan tema Peningkatan Kelembagaan Pengelolaan SDA dalam Kasus Monitoring Pemanfaatan Sumber Daya Air dan Pengendaliannya yang diselenggarakan selama 3 hari mulai 27-29 April 2018 di Hotel Aria Gajayana Malang. “Kegiatan yang bertujuan untuk mempelajari Sistem Teknologi Informasi SPAM guna diterapkan di BBWS Ciliwung Cisadane dalam pemantauan dan monitoring di PDAM dan SIPA yang berada di wilayah Ciliwung Cisadane.” Kata Kasie Perencanaan OP BBWS Ciliwung Cisadane   Bpk. Heri Setiawan. Heri menambahkan bahwa kunjungan kali ini sangat bermanfaat untuk peserta OJT dimana mereka bisa mengambil ilmu yang sudah didapatkan di PDAM Kota Malang untuk diterapkan atau diaplikasikan disana. Beliau juga menambahkan untuk PDAM Kota Malang kedepannya agar terus bisa membagikan ilmunya untuk  PDAM-PDAM yang lain.   

     Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 20 orang yang terdiri dari internal bagian recomtek dan sekretariat ini pada hari kedua diisi dengan kunjungan lapangan ke PDAM Kota Malang  untuk mengetahui secara langsung bagaimana proses pengelolaan air minum di PDAM Kota Malang selaku BUMD yang bertugas sebagai operator pengguna Sumber Daya air (SDA). Lokasi pertama yang dikunjungi peserta OJT kali ini adalah Sumber Air Wendit, dimana Wendit  merupakan sumber air baku terbesar yang digunakan oleh PDAM Kota Malang untuk melayani air bersih Kota Malang.  Setelah diajak kerumah pompa untuk mendapatkan penjelasan bagaimana memonitoring pompa secara online peserta diajak untuk melihat Intake atau biasa disebut dengan bangunan penangkap air dimana Intake merupakan bangunan atau konstruksi pertama untuk masuknya air dari sumber air sebelum dialirkan kerumah pompa untuk kemudian diolah dan disalurkan kepelanggan. Setelah melihat sumber air baku peserta kemudian diajak untuk melihat meter induk District Meter Area (DMA) untuk monitoring debit di sistem distribusi di Jl. Danau Maninjau Sawojajar. Sebelum menuju ke kantor pusat PDAM Kota Malang untuk  melihat Sistem Aplikasi yang digunakan di PDAM Kota Malang, peserta diajak ke lokasi Fountain Tap air siap minum yang terpasang di SMAN 10 Malang.  Seluruh peserta pun mencicipi segarnya air siap minum dari Fountain Tap tersebut.

     Sebagai tujuan terakhir dari kunjungan lapangan kali ini, peserta diajak ke kantor pusat PDAM Kota Malang di JL. Terusan Danau Sentani  No. 100 Malang untuk mengetahui bagaimana Sistem Informasi dan  berbagai aplikasi yang digunakan di PDAM Kota Malang. 

 

-humaspdamkotamalang-