SEMINAR NASIONAL PENGADAAN PDAM SELURUH INDONESIA MENGGAGAS PENGADAAN E-KATALOG NASIONAL UNTUK PDAM

Malang, 24 Agustus 2017

     Kamis, 24 Agustus 2017 bertempat di Ijen Suite Hotel Malang, diadakan Seminar Nasional Pengadaan Barang dan Jasa yang diikuti oleh PDAM dari seluruh Indonesia. Seminar yang diselenggarakan selama 2 hari ini diperuntukkan bagi berbagai kalangan yang terkait dengan proses pengadaan barang / jasa PDAM, seperti dewan Pengawas PDAM, Direksi PDAM, Satuan Pengawas Internal PDAM, Manager/kepala bagian pengadaan, PPK/Pokja Pengadaan/Pejabat Pengadaan dan PPHP.  Kurang lebih 100 orang peserta mengikuti seminar ini dengan tujuan nantinya dapat menyamakan persepsi diantara pimpinan dan pengelola pengadaan PDAM akan pentingnya modernisasi pengadaan PDAM. Ikut serta memberikan sambutan Ketua Perpamsi, H. Rudie Kusmayadi, B.E.,  M.Si. dan juga Direktur PAM Kementrian PU/PR.

     Pengadaan Barang/Jasa merupakan aspek penting dalam kegiatan operasional PDAM terutama dalam kaitannya dengan layanan penyediaan air bersih untuk masyarakat. Pengadaan Barang/Jasa secara langsung akan menentukan kualitas layanan dan juga terkait dengan effisien anggaran PDAM.  Prosedur pengadaan selama ini dipandang sebagai suatu proses rumit, sulit dan memakan waktu yang lama, sehingga seringkali tidak mampu merespon kebutuhan lapangan yang membutuhkan tindakan yang cepat. Isu audit dan hukum dalam pengadaan juga membuat sebagian besar pimpinan dan pelaksana pengadaan PDAM khawatir dengan proses yang dijalani, sehingga tidak jarang menimbulkan ketakutan dan keengganan untuk melakukan proses pengadaan.

     PDAM Kota Malang sebagai tuan rumah sekaligus salah satu penggagas seminar kali ini sangat beharap seminar kali ini dapat mensosialisasikan tren pengadaan terbaru yang akan mampu menjawab semua tantangan dan masalah pengadaan yang selama ini terjadi. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama, H.M Jemianto dalam sambutannya. Beliau juga menyampaikan “semoga seminar ini mampu menjadi sarana untuk menyamakan persepsi diantara pimpinan dan pengelola pengadaan“.

     Materi yang disampaikan dalam seminar di hari pertama adalah materi tentang Kebijakan dan Tatacara Pengembangan e-katalog PDAM yang diberikan oleh Direktur Pengembangan e-Katalog LKPP, Emin Adhy Muhaemin, S.Si.,M.Si dilanjutkan dengan materi Pengembangan Aplikasi dalam Rangka Peningkatan Kinerja PDAM, Lesson learn PDAM Kota Malang yang disampaikan oleh Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Kota Malang, Anita Sari, SH. ,MH.

     Pada hari kedua peserta diberikan materi tentang Implementasi End to End Integrated                 e-Procurement System Dalam Pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan PDAM oleh Nandang Sutisna, S.T., M.T. Dan diakhiri dengan materi tentang Penyusunan Agenda dan Tim Persiapan Pengembangan             e-Katalog PDAM.

-humaspdamkotamalang-